Widget HTML Atas

Bagaimana jet lubang hitam luar angkasa?

Web Informasi - Lubang hitam (black hole) adalah pasti salah satu struktur yang paling rumit di alam semesta. Mereka mendorong batas-batas fisika untuk poin melanggar dan terus intrik kita dengan misteri baru. Salah satunya adalah jet yang menembak padam dari mereka, tampaknya dari kegilaan berputar di dekat pusat lubang hitam. Penelitian terbaru telah menjelaskan jet dan bagaimana mereka bekerja, serta implikasinya ke alam semesta.

Dasar

Kebanyakan jet yang kita lihat berasal dari lubang hitam supermasif (SMBH) terletak di pusat galaksi. Meskipun lubang hitam memiliki massa bintang juga, tapi mereka lebih sulit untuk dilihat. Jet ini menembak peduli vertikal dari bidang galaksi mereka berada pada kecepatan mendekati mereka mencapai oleh cahaya. Kebanyakan teori memprediksi bahwa jet tersebut muncul dari berputar materi di piringan akresi sekitar SMBH dan bukan dari lubang hitam yang sebenarnya. Sebagai materi berinteraksi dengan medan magnet yang dihasilkan oleh bahan berputar di sekitar SMBH. Maka, garis-garis medan naik atau turun, penyempitan dan memanas lebih lanjut sampai energi yang cukup telah mencapai bagi mereka untuk melarikan diri ke luar. Menghindari acara cakrawala SMBH dan sehingga dikonsumsinya. Hal yang lolos dalam jet juga melepaskan sinar-X seperti energi.

Black hole jet

Sebuah studi baru-baru ini tampaknya untuk mengonfirmasi hubungan antara jet dan piringan akresi. Para ilmuwan melihat blazars atau inti galaksi aktif yang kebetulan memiliki jet mereka menunjuk langsung pada Bumi, diperiksa cahaya dari jet dan membandingkannya dengan cahaya dari piringan akresi. Sementara akan banyak berpikir membedakan antara dua kesulitan, jet memancarkan sebagian besar sinar gamma sedangkan piringan akresi terutama di X-ray / porsi terlihat. Setelah memeriksa 217 blazars menggunakan observatorium Fermi, ilmuwan diplot luminositas jet vs luminositas piringan akresi. Data ini jelas menunjukkan hubungan langsung, dengan jet memiliki kekuatan lebih dari piringan. Hal ini mungkin karena sebagai lebih peduli hadir dalam piringan, medan magnet yang lebih besar yang dihasilkan dan dengan demikian daya jet meningkat (Rzetelny).

Sisi yang berbeda dari Black Hole yang sama

Jumlah umum sinar-X yang dihasilkan dari jet menunjukkan kekuatan aliran jet dan dengan demikian ukurannya. Tapi apa hubungannya itu? Para ilmuwan mulai memperhatikan dua kecenderungan umum pada tahun 2003, tapi tidak tahu bagaimana mendamaikan mereka. Beberapa yang balok sempit dan orang lain yang lebar. Apakah mereka menunjukkan berbagai jenis lubang hitam? Apakah Itu teori yang perlu direvisi? Ternyata, hal itu mungkin menjadi kasus sederhana dari lubang hitam yang memiliki perubahan perilaku yang memungkinkan mereka untuk pergi antara dua negara. Michael Coriat dari University of Southampton dan timnya mampu menyaksikan sebuah lubang hitam akan melalui perubahan tersebut. Peter Jonker dan Eva Ratti dari SRON mampu menambah bahkan lebih banyak data ketika mereka melihat lebih lubang hitam menunjukkan perilaku serupa, menggunakan data dari Chandra dan diperluas dengan nilai sangat besar. Sekarang para ilmuwan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang hubungan antara jet sempit dan jet lebar. Sehingga memungkinkan para ilmuwan untuk mengembangkan lebih rinci model (Institut Belanda untuk Space Research).

Apa yang ada dalam Jet?

Sekarang, materi yang ada di jet akan menentukan seberapa kuat mereka. Bahan yang lebih berat sulit untuk mempercepat, dan kebanyakan jet meninggalkan galaksi mereka pada kecepatan cahaya dekat. Ini bukan untuk mengatakan bahwa bahan-bahan berat tidak bisa berada di jet, karena mereka dapat bergerak tetapi pada tingkat lebih lambat karena kebutuhan energi. Hal ini tampaknya menjadi kasus dalam sistem 4U 1630-1647, yang memiliki lubang hitam bintang massa dan bintang pendamping. Maria Diaz Trigo dan timnya melihat sinar-X dan gelombang radio yang datang dari itu sebagaimana dicatat oleh XMM-Newton Observatory pada tahun 2012 dan membandingkannya dengan pengamatan arus dari Array Australia Telescope Compact (ATCA). Mereka menemukan tanda tangan dari kecepatan tinggi dan atom besi yang sangat terionisasi, khususnya Fe-24 dan Fe-25, meskipun nikel juga terdeteksi di jet. Para ilmuwan melihat pergeseran spektrum mereka sesuai dengan kecepatan hampir 2/3 kecepatan cahaya. Mereka menyimpulkan bahwa materi itu dalam jet. Karena banyak lubang hitam dalam sistem seperti ini, adalah mungkin bahwa ini adalah umum terjadi (Francis, Wall).

Hal ini tampaknya untuk menyelesaikan banyak misteri tentang jet. Tidak ada yang membantah bahwa mereka dibuat dari materi tapi apakah itu didominasi cahaya (elektron) atau berat (baryonik) adalah perbedaan penting yang bisa didapat. Para ilmuwan tahu dari pengamatan lain jet yang memiliki elektron bermuatan negatif. Tapi jet bermuatan positif didasarkan pada pembacaan EM, sehingga beberapa bentuk ion atau positron harus disertakan di dalamnya. Juga, dibutuhkan lebih banyak energi untuk memulai materi yang lebih berat pada kecepatan seperti itu. Sehingga ilmuwan dengan mengetahui komposisi bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik pada kekuatan pameran jet. Selain itu, tampaknya beberapa jet dari piringan di sekitar lubang hitam dan bukan sebagai akibat langsung dari putaran lubang hitam, penelitian sebelumnya tampaknya menunjukkan. Akhirnya, jika sebagian besar jet adalah bahan yang lebih berat maka tabrakan dengan itu dan gas luar bisa menyebabkan neutrino untuk membentuk, memecahkan misteri parsial di mana bisa bersumber dari neutrino lain.

Lepas landas

Jadi apa yang jet ini lakukan untuk lingkungan mereka? Banyak. Gas, yang dikenal sebagai umpan balik. bisa bertabrakan dengan sekitarnya gas inert dan panas itu. Melepaskan gelembung besar ke ruang angkasa sekaligus meningkatkan temperatur gas. Dalam beberapa kasus, jet dapat memulai pembentukan bintang di tempat yang dikenal sebagai Hanny Voorwerp. Sebagian besar waktu, sejumlah besar gas meninggalkan galaksi (Institut Belanda untuk Space Research).

Ketika ilmuwan melihat M106 menggunakan teleskop Spitzer yang, mereka mendapat demonstrasi yang sangat baik dari ini. Mereka memandang hidrogen dipanaskan, hasil dari aktivitas jet. Hampir 2/3 dari gas sekitar SMBH sedang dikeluarkan dari galaksi, dan dengan demikian kemampuannya untuk membuat bintang baru sedang berkurang. Selain ini, lengan spiral tidak seperti yang terlihat pada panjang gelombang terlihat terdeteksi dan ditemukan telah terbentuk dari gelombang listrik dari jet saat mereka memukul gas pendingin. Ini bisa menjadi alasan mengapa galaksi elips menjadi, atau tua dan penuh bintang merah tapi tidak menghasilkan bintang baru.

Bukti lebih untuk hasil potensial ini ditemukan ketika ALMA melihat NGC 1433 dan PKS 1830-221. Dalam kasus 1433, ALMA menemukan jet memperluas lebih dari 150 tahun cahaya dari pusat SMBH, membawa banyak materi dengan itu. Menafsirkan data dari 1830-221 terbukti menantang karena merupakan objek yang jauh dan telah gravitasi lensanya oleh galaksi latar depan. Tapi Ivan Marti-Vidal dan timnya dari Chalmers University of Technology di Onsala Space Observatory, FERMI, dan ALMA naik ke tantangan. Bersama-sama, mereka menemukan bahwa perubahan sinar gamma dan submillimeter spektrum radio berhubungan dengan masalah jatuh dekat pangkal jet. Bagaimana ini mempengaruhi lingkungan mereka tetap tidak diketahui?

Berapa banyak energi?

Tentu saja, setiap diskusi tentang lubang hitam tidak akan lengkap kecuali sesuatu yang counter harapan ditemukan. Masukkan MQ1, lubang hitam bintang-massa yang ditemukan di Southern Pinwheel Galaxy (M 83). Lubang hitam ini tampaknya memiliki s shortcut sekitar Batas Eddington, atau jumlah energi lubang hitam dapat mengekspor sebelum memotong terlalu banyak bahan bakar sendiri. Hal ini didasarkan pada jumlah besar radiasi yang meninggalkan lubang hitam mempengaruhi berapa banyak materi yang dapat jatuh ke dalamnya. Sehingga mengurangi radiasi setelah sejumlah energi meninggalkan lubang hitam. Batas didasarkan pada perhitungan yang melibatkan massa lubang hitam tetapi berdasarkan pada seberapa banyak energi terlihat meninggalkan lubang hitam ini beberapa revisi akan dibutuhkan. Penelitian yang dipimpin oleh Roberto Soriaof Pusat Internasional untuk Radio Astronomy Research, berdasarkan data dari Chandra yang membantu menemukan massa lubang hitam. Emmisions radio yang dihasilkan dari gelombang kejut materi yang dipengaruhi oleh jet membantu menghitung energi kinetik bersih jet dan dicatat oleh Hubble dan Array Australia Telescope Compact. Terang gelombang radio, semakin tinggi energi dampak dari jet dengan bahan sekitarnya. Mereka menemukan bahwa 2-5 kali lebih banyak energi yang dikirim ke ruang angkasa daripada yang seharusnya mungkin. Bagaimana lubang hitam ditipu tetap tidak diketahui?

Post a Comment for "Bagaimana jet lubang hitam luar angkasa?"

Berlangganan via Email